Pages

Minggu, 14 Desember 2014

Kaca Pemainan (Alat Peraga Matematika)



  1. KACA PENCERMINAN
 
Fungsi/Kegunaan : Untuk membantu penanaman konsep pencerminan
Petunjuk kerja:
  1. Sediakan kaca pencerminan, yaitu kaca gelap tembus pandang yang berfungsi sebagai cermin.
  2. Agar kaca dapat berdiri tegak kedua ujungnya diberi penyangga.


 








Kegiatan I
Menunjukkan bahwa jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin. Caranya : Gambarlah sebuah titik A pada kertas, kemudian gambarlah sebuah garis l sebagai cermin, kemudian letakkan cermin itu pada garis tersebut. Lalu amati bayangan titik itu melalui cermin, kemudian tandai dan beri nama sebagai titik A’.
Ukurlah jarak titik A ke garis, kemudian ukur juga jarak titik bayangan (A’) ke garis  itu. Simpulkan bagaimana jaraknya dan bagaimana sudut antara garis l dengan AA’?

Kegiatan II
Gambar ruas garis AB dan garis l. Ulangi langkah kegiatan I untuk mendapatkan bayangan ruas garis AB. Beri nama bayangan ini  A’B’.
Simpulkan mengenai :
o   jarak A ke A’
o   jarak B ke B’
o   panjang AB dan A’B’
o   sudut yang dibentuk oleh AA’ dan BB’ dengan garis l

Kegiatan III
Gambar segitiga ABC dan garis l.  Ulangi langkah pada kegiatan I untuk mendapatkan bayangan segitiga ABC. Beri nama bayangan ini A’B’C’.
Simpulkan mengenai :
-          AB dan A’B’,  AC dan A’C’, BC dan B’C’
-          Ð A dan Ð A’, Ð B dan Ð B’, Ð C dan Ð C’
     Apakah segitiga ABC dan segitiga A’B’C’ kongruen ?

Kegiatan IV
Ulangi kegiatan III untuk bangun-bangun yang lain.  Simpulkan bagaimana sifat bangun asli dengan bangun bayangannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar