Home » » artikel Hari keluarga Nasional

artikel Hari keluarga Nasional

Refleksi Keluarga Berencana , Wujudkan Keluarga Sejahtera
(Oleh : Yayu S U handayasari)
Bendahara Umum Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wil. Cirebon

            Indonesia yang cukup dikenal dengan sumber daya alam (SDA) yang potensial saat ini semakin terancam punah, kepunahan tidak hanya terjadi pada hewan langka ataupun adat dan budaya, namun naungan dari semua hal tersebut yaitu alam . Berbicara tentang sumber daya alam maka kita akan dilibatkan dengan semua hal baik itu dari manusianya sebagai subjek yang memberdayakan sumber daya alam maupun alam nya sendiri sebagai objeknya. Realita yang terjadi saat ini mengenai alam adalah kerusakan dan menyempitnya lahan potensial tersebut yang tidak dapat dipungkiri adanya. Pertanyaan yang kemudian muncul “siapa yang bertanggung jawab atas berbagai permasalahan yang muncul sebagai akibat dari sumber daya alam yang semakin terkikis?”
            Masyarakat sebagai subjek yang memberdayakan lahan / SDA juga sejatinya menjadi penyebab munculnya berbagai permasalahan-permasalah yang saat ini mengancam dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Permasalahan yang di timbulkan manusia tersebut misalnya meningkatnya angka kelahiran dari tahun ketahun yang menyebabkan meningkat nya jumlah penduduk yang pada akhirnya akan berimbas keberbagai hal misalnya meningkatnya angka pengangguran karena kurangnya lapangan kerja, meningkatnya anak putus sekolah karena keadaan ekonomi dan jumlah keluarga yang banyak, menurunnya  angka kesejahteraan keluarga (meningkatnya angka kemiskinan) banyaknya anak jalanan karena faktor sosial dan lain sebagainya.

            Kondisi tersebut tentu menjadi permasalahan yang memang saat ini telah di atasi bersama, giliran kita sebagai masyarakat apakah akan terus berada dalam keadaan seperti ini ataukah bersama-sama mengatasi permasalahan dengan mendukung program pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Program pemerintah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, mengatasi kerusakan lingkungan akibat tidak terkendalinya jumlah penduduk yang dari tahun ke tahun semakin meningkat adalah dengan menyelenggarakan program KB (Keluarga Berencana). Program keluarga berencana ini merupakan salah satu solusi yang memang apabila terealisasi secara optimal dapat mengurangi permasalahan – permasalahan yang saat ini terjadi. Pilihan ada pada kita sendiri apakah kualitas atau kuantitas yang akan diutamakan untuk kesejahteraan keluarga kita dan diri kita sendiri. Jadi , kesimpulannya jika sedikit tapi berkualitas kenapa tidak? 

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar