Home » » Kaca Pemainan (Alat Peraga Matematika)

Kaca Pemainan (Alat Peraga Matematika)



  1. KACA PENCERMINAN
 
Fungsi/Kegunaan : Untuk membantu penanaman konsep pencerminan
Petunjuk kerja:
  1. Sediakan kaca pencerminan, yaitu kaca gelap tembus pandang yang berfungsi sebagai cermin.
  2. Agar kaca dapat berdiri tegak kedua ujungnya diberi penyangga.


 








Kegiatan I
Menunjukkan bahwa jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin. Caranya : Gambarlah sebuah titik A pada kertas, kemudian gambarlah sebuah garis l sebagai cermin, kemudian letakkan cermin itu pada garis tersebut. Lalu amati bayangan titik itu melalui cermin, kemudian tandai dan beri nama sebagai titik A’.
Ukurlah jarak titik A ke garis, kemudian ukur juga jarak titik bayangan (A’) ke garis  itu. Simpulkan bagaimana jaraknya dan bagaimana sudut antara garis l dengan AA’?

Kegiatan II
Gambar ruas garis AB dan garis l. Ulangi langkah kegiatan I untuk mendapatkan bayangan ruas garis AB. Beri nama bayangan ini  A’B’.
Simpulkan mengenai :
o   jarak A ke A’
o   jarak B ke B’
o   panjang AB dan A’B’
o   sudut yang dibentuk oleh AA’ dan BB’ dengan garis l

Kegiatan III
Gambar segitiga ABC dan garis l.  Ulangi langkah pada kegiatan I untuk mendapatkan bayangan segitiga ABC. Beri nama bayangan ini A’B’C’.
Simpulkan mengenai :
-          AB dan A’B’,  AC dan A’C’, BC dan B’C’
-          Ð A dan Ð A’, Ð B dan Ð B’, Ð C dan Ð C’
     Apakah segitiga ABC dan segitiga A’B’C’ kongruen ?

Kegiatan IV
Ulangi kegiatan III untuk bangun-bangun yang lain.  Simpulkan bagaimana sifat bangun asli dengan bangun bayangannya.


Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar