
Fungsi/Kegunaan : Untuk membantu
penanaman konsep pencerminan
Petunjuk kerja:
- Sediakan kaca pencerminan, yaitu kaca gelap tembus pandang yang berfungsi sebagai cermin.
- Agar kaca dapat berdiri tegak kedua ujungnya diberi penyangga.
![]() |
Kegiatan I
Menunjukkan
bahwa jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin. Caranya :
Gambarlah sebuah titik A pada kertas, kemudian gambarlah sebuah garis l sebagai cermin, kemudian letakkan
cermin itu pada garis tersebut. Lalu amati bayangan titik itu melalui cermin,
kemudian tandai dan beri nama sebagai titik A’.
Ukurlah jarak
titik A ke garis, kemudian ukur juga jarak titik bayangan (A’) ke garis itu. Simpulkan bagaimana jaraknya dan
bagaimana sudut antara garis l dengan
AA’?
Kegiatan II
Gambar ruas
garis AB dan garis l. Ulangi langkah
kegiatan I untuk mendapatkan bayangan ruas garis AB. Beri nama bayangan
ini A’B’.
Simpulkan
mengenai :
o
jarak A ke A’
o
jarak B ke B’
o
panjang AB dan A’B’
o
sudut yang dibentuk oleh AA’
dan BB’ dengan garis l
Kegiatan III
Gambar
segitiga ABC dan garis l. Ulangi langkah pada kegiatan I untuk
mendapatkan bayangan segitiga ABC. Beri nama bayangan ini A’B’C’.
Simpulkan
mengenai :
-
AB dan A’B’, AC dan A’C’, BC dan B’C’
-
Ð A dan Ð A’, Ð B dan Ð B’, Ð C dan Ð C’
Apakah segitiga ABC dan segitiga A’B’C’ kongruen ?
Kegiatan IV
Ulangi kegiatan III untuk bangun-bangun
yang lain. Simpulkan bagaimana sifat
bangun asli dengan bangun bayangannya.



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.
0 komentar:
Posting Komentar