Home » » PERKALIAN PECAHAN

PERKALIAN PECAHAN



PERKALIAN PECAHAN

Fungsi / Kegunaan :
Untuk menanamkan konsep perkalian bilangan pecahan.

Cara Kerja :
Kegiatan I.
1.     Keping-keping mika  yang seukuran, dipasangkan pada bingkai yang berbentuk bujursangkar hingga memenuhi bingkai bujursangkar tersebut.  Dalam hal ini bingkai bujursangkar dianggap mewakili satu satuan.
2.     Setelah diperlihatkan kepada siswa, kemudian kepingan-kepingan itu diambil dan dikumpulkan jadi satu, ternyata kepingan-kepingan tersebut mempunyai ukuran yang sama.
3.     jika kepingan-kepingan mika yang memenuhi bujursangkar tersebut terdiri dari 2 keping, berarti 1 keping mika bernilai ½.  Demikian juga apabila terdiri dari 3 keping, berarti 1 keping mika bernilai 1/3 dan seterusnya.

Kegiatan II
Misal :
1
H
1
=
......
2
3
  1. Ambil 2 kepingan mika yang masing-masing bernilai ½, selanjutnya kepingan-kepingan itu kita isikan ke dalam bingkai bujursangkar.


  1. Ambil juga 3 kepingan mika yang masing-masing bernilai 1/3, kemudian kita isikan juga ke dalam bingkai bujursangkar berlawanan arah dengan kepingan yang bernilai 1/2 (bila kepingan yang bernilai 1/2 diletakkan vertikal, maka kepingan 1/3 diletakkan horizontal).

  1. Terlihat adanya daerah-daerah yang tertutup oleh 2 kepingan mika yang berlainan nilainya, yang berjumlah 6 kotak (daerah).  Selanjutnya siswa ditanya “berapa nilai dari tiap-tiap kotak tersebut”.  Jawaban yang diharapkan adalah “1/6”


  1. Kepingan-kepingan mika kita ambil semua.
  2. Kita pasangkan 1 kepingan mika yang bernilai 1/2 ke dalam bingkai bujursangkar, kemudian kita pasangkan 1 kepingan mika yang bernilai 1/3 berlawanan arah ke dalam bingkai bujursangkar.

  1. Terlihat adanya 1 daerah (kotak) yang tertutup oleh 2 kepingan mika.  Tanyakan kepada siswa berapa nilai daerah tersebut ?
            Jawaban yang diharapkan adalah 1/6.
            Berarti  1/2 × 1/3 = 1/6
  1. Setelah mencoba untuk perkalian pecahan yang lain sampai 3 atau 4 kali, maka guru mengajak siswa untuk menyimpulkan.


            Tugas :
            Siswa diminta untuk mencoba perkalian pecahan yang disebutkan oleh guru.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar