Fungsi/Kegunaan : Untuk membantu
penanaman konsep pencerminan
Petunjuk kerja:
- Sediakan kaca pencerminan, yaitu kaca gelap tembus pandang yang berfungsi sebagai cermin.
- Agar kaca dapat berdiri tegak kedua ujungnya diberi penyangga.
Kegiatan I
Menunjukkan
bahwa jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin. Caranya :
Gambarlah sebuah titik A pada kertas, kemudian gambarlah sebuah garis l sebagai cermin, kemudian letakkan
cermin itu pada garis tersebut. Lalu amati bayangan titik itu melalui cermin,
kemudian tandai dan beri nama sebagai titik A’.
Ukurlah jarak
titik A ke garis, kemudian ukur juga jarak titik bayangan (A’) ke garis itu. Simpulkan bagaimana jaraknya dan
bagaimana sudut antara garis l dengan
AA’?
Kegiatan II
Gambar ruas
garis AB dan garis l. Ulangi langkah
kegiatan I untuk mendapatkan bayangan ruas garis AB. Beri nama bayangan
ini A’B’.
Simpulkan
mengenai :
o
jarak A ke A’
o
jarak B ke B’
o
panjang AB dan A’B’
o
sudut yang dibentuk oleh AA’
dan BB’ dengan garis l
Kegiatan III
Gambar
segitiga ABC dan garis l. Ulangi langkah pada kegiatan I untuk
mendapatkan bayangan segitiga ABC. Beri nama bayangan ini A’B’C’.
Simpulkan
mengenai :
-
AB dan A’B’, AC dan A’C’, BC dan B’C’
-
Ð A dan Ð A’, Ð B dan Ð B’, Ð C dan Ð C’
Apakah segitiga ABC dan segitiga A’B’C’ kongruen ?
Kegiatan IV
Ulangi kegiatan III untuk bangun-bangun
yang lain. Simpulkan bagaimana sifat
bangun asli dengan bangun bayangannya.
0 komentar:
Posting Komentar